Menteri BUMN Erick Thohir Lepas Ekspor Kopi PPI Perdana Tahun 2022

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyoroti produksi kopi lokal Indonesia menempati urutan ke-4 pusat produksi kopi terbesar dunia.

Menurut Erick capaian ini tidak luput dari peran anak muda Indonesia, yang mengeluarkan dan mengonsumsi kopi brand lokal di keseharian mereka.

“Kita itu pusat produksi kopi nomor 4 dunia di mana konsumsi kopi kita itu sekarang 35 persen lokal. Ini terima kasih kepada anak Indonesia yang mengeluarkan brand-brand lokal supaya konsumsi kopi dalam negeri ini tinggi,” ujar Erick dalam pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia 2022 HIPPINDO di Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Meski begitu Erick juga menyoroti jika produksi kopi lokal hanya dikonsumsi masyarakat dalam negeri lebih dari 55 persen, mengartikan Indonesia mampu menjaga harga kopi dalam negeri.

“Kita bisa menjaga harga kopi kita, yang selama ini harga kopi kita di dunia itu dianggap murah karena hanya jadi campuran, jadi bukan suatu positioning kopi sendiri,” ungkap Erick.

Hasilnya Erick juga berharap semakin diminatinya kopi lokal di dalam negeri, maka petani kopi lokal dan UMKM brand kopi lokal semakin mendunia dan diminati.

“Kami bersama Kementerian Koperasi daj UMKM, mendorong yang namanya perbaikan posisi kopi, karena petani kopi itu juga kesulitannya itu salah satunya dalam memproduksi kopi itu produknya jadi gampang pecah,” tutup Erick.

Sementara itu, HIPPINDO atau Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, resmi menggelar acara retail tahunan terbesar di Indonesia, Indonesia Retail Summit 2022 dan membuka Hari Belanja Diskon Indonesia 2022.

Ada juga inagurasi Hari Modern Retail Indonesia 2022, yang secara eksklusif dibuka dan diresmikan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Tohir dan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, pada 15 Agustus 2022 di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.

Sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here