Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri konferensi pers di Kremlin di Moskow pada 30 Juni 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan hubungannya dengan Presiden Joko Widodo amat dekat. Putin bahkan mengaku saling menggunakan sapaan ‘brother’ atau ‘saudara’ dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat keduanya berbincang.

Dalam pertemuan tahunan ke-19 Klub Diskusi Valdai, pekan lalu dia mengatakan Rusia memiliki hubungan sangat hangat dengan Indonesia. Putin bahkan mengaku memanggil Presiden Jokowi dengan sebutan saudara dalam percakapan. 

“Kami akan memikirkan bagaimana kami akan menanganinya. Rusia pasti akan terwakili di level tinggi. Mungkin saya akan pergi juga. Untuk saat ini, saya akan memikirkannya,” kata Putin. 

Lebih lanjut dalam pernyataannya Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, ketika Presiden Widodo memanggil saya, dia memanggil saya saudara dan saya mengatakan hal yang sama kepadanya. Kami menghargai hubungan kami.”

“Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Indonesia sepanjang sejarah modern,” kata Putin dikutip dari video yang ditayangkan situs resmi Kremlin, Selasa (1/11/2022).

Putin kemudian mengungkap hubungan baiknya dengan Jokowi. Dia menuturkan, saat menelepon, Jokowi memanggilnya dengan sebutan ‘saudara’. Begitupun sebaliknya.

“Presiden Widodo ketika dia memanggil saya, dia memanggil saya saudara, dan saya mengatakan hal yang sama kepadanya. Kami menghargai hubungan yang telah kami bangun dengan Indonesia,” tuturnya.

Putin juga menyampaikan terima kasihnya atas undangan Jokowi untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November mendatang. Putin bicara kemungkinan untuk datang dalam acara itu.

“Saya berterima kasih kepada pimpinan dan Presiden atas undangan G20. Kami akan memikirkan bagaimana kami akan mengaturnya. Rusia pasti akan diwakili oleh tingkat tinggi di sana. Mungkin saya akan pergi juga. Saya akan memikirkannya,” papar Putin.(Irw13)

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here