Nama Erick Thohir terus meroket di mata anak muda atau milenial sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal ini tentu saja semakin memperkuat posisi Menteri BUMN ini di segmen pemilih milenial.

Dalam keterangannya pada Republika, pengamat politik Universitas Indonesia Meidi Kosandi, menyampaikan Erick Thohir kemungkinan berebut suara pada basis yang sama yaitu milenial, netizen, dan pemilih muda.

Meidi mengatakan karakteristik kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN mendapat respons positif dari kalangan milenial. Hal ini terlihat dari kebijakan Erick Thohir yang berpihak pada milenial.

Kondisi tersebut, menurut Meidi, bisa menjadi modal kuat dalam mengarungi kontestasi Pilpres 2024. Keunggulan yang dimiliki Erick Thohir tentunya bisa membawa berkah positif secara elektoral.

Meidi menilai keunggulan Erick Thohir terletak pada tingkat basis pemilih sosial di masyarakat. Dia memandang Erick Thohir cenderung lebih dekat kepada kalangan organisasi serta masyarakat golongan ekonomi kecil.

“Erick Thohir mungkin pada kelompok identitas dan pelaku pasar,” ungkap Meidi.

Hingga saat ini, Erick Thohir terus menunjukkan kinerja cemerlangnya di Kementerian BUMN. Hal itu turut memantik banyak perhatian publik, membuat angka elektabilitas Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini terus melonjak tinggi.

Sebagaimana hasil survei Lembaga Survei Charta Politika pada September 2022 menunjukkan posisi Erick Thohir berhasil bertengger tiga besar figur cawapres potensial dengan persentase angka 9,5 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here