Koalisi Indonesia Bersatu. (Instagram/@airlanggahartarto_official)

Potensi Ganjar-Erick Thohir trennya positif, elektabilitasnya signifikan trennya bagus. Baik dari Ganjar maupun Erick Thohir. Dua pasangan ini memiliki kans kemenangannya yang cukup tinggi.

Elektabilitas Erick Thohir orang nomor satu di Kementerian BUMN ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Hal ini berkat pengalamannya memimpin yang terus membuahkan prestasi sehingga masyarakat memberikan dukungan.

Ia termasuk menteri yang tidak pernah melakukan blunder di dalam pemerintahan Jokowi dan rajin mencetak prestasi. Terbaru, ia bahkan membantu penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA karena tragedi Kanjuruhan di Malang. Kemudian Erick Thohir memiliki kekuatan logistik yang dibutuhkan untuk mengarungi pilpres.

Track record kedua pasangan tersebut tidak luput dari pengamatan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP berpeluang menang, jika mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bersama Menteri BUMN RI Erick Thohir di Pilpres 2024.

Pasalnya kedua tokoh tersebut memiliki banyak keunggulan untuk dipasangkan.

“Kalau KIB mau menang ya pilihan paling rasional adalah mengusung Ganjar kemudian Erick Thohir, ini banyak keunggulan dan bisa melengkapi,” tutur Pengamat Politik Ray Rangkuti, Kamis (3/11).

Menurutnya, Erick Thohir memiliki banyak keunggulan. Di antaranya memiliki hubungan dekat dengan Presiden Jokowi, mewakili aspirasi masyarakat luar pulau Jawa, memiliki kekuatan logistik, telah didukung oleh PPP dan tokoh muslim berpengaruh dunia sekaligus memiliki kedekatan dengan NU.

Erick juga melengkapi Ganjar sebagai pemimpin yang mewakili masyarakat luar pulau Jawa.

Sebagai pengusaha yang punya jejak prestasi secara nasional dan internasional, Erick Thohir mampu melengkapi kebutuhan sosial dan logistik koalisi partai.

Dengan kekuatan logistik dari Eks Presiden Inter Milan tersebut, baik Ganjar maupun KIB bisa mengarungi kontestasi Pilpres 2024 tanpa kendala amunisi.

“Ganjar sama KIB tidak perlu pusing lagi persoalan logistik kalau menggandeng Erick Thohir sebagai wapresnya,” ujar Ray.

Erick Thohir juga telah mengantongi dukungan dari salah satu parpol di KIB yakni PPP.

Partai bergambar Ka’bah tersebut diketahui belum lama ini telah menyuarakan dukungan agar Erick Thohir maju dan diajukan kepada partai koalisi.

“PPP sudah betul itu mendukung Erick Thohir karena di dalam partainya belum ada kader yang kuat,” terang Pendiri Lingkar Madani Indonesia ini.

Sementara itu Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau Awiek menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masuk radar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk diusung sebagai Capres 2024.

Dia mengatakan hal tersebut demi menanggapi kabar KIB akan mengusung Ganjar Pranowo apabila tidak disokong PDIP.

“Memang Ganjar termasuk salah satu nama potensial yang terus dimonitor perkembangannya,” kata Awiek kepada awak media, Kamis (3/11).

Meski demikian, menurut Awiek, KIB menghormati PDIP sebagai parpol yang kini ditempati Ganjar Pranowo sebelum berbicara pencapresan terhadap pria kelahiran Jawa Tengah itu.(Irw130

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here