Menteri BUMN Erick Thohir(Foto Dok. Kementrian BUMN)

Nama Erick Thohir mulai diperhitungkan di dunia politik Indonesia. Sejumlah pihak bahkan menyebut Erick Thohir layak menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 karena dapat menjadi pemersatu pemilih Islam dari berbagai kelompok.

Hal ini disampaikan Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan menuturkan Erick Thohir terus mengambil langkah strategis menyongsong kontestasi Pilpres 2024. “Kondisi demikian akan memberikan kredit elektoral untuk meningkatan elektabilitas secara signifikan,” kata Rafif di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Karakteristik Erick Thohir yang terbuka, menurut Rafif, membuat mantan presiden Inter Milan itu mudah diterima oleh berbagai kelompok masyarakat. Erick Thohir dinilai Rafif memiliki daya tarik untuk bisa menyatukan suara umat.

Harapan sebagian kalangan masyarakat untuk mendapatkan kandidat pemimpin calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan profesional mulai mengerucut pada sosok Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dinilai bisa menjadi pemersatu masyarakat.

Sementara itu, Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Ahmad Hidayah menuturkan Erick Thohir menjadi salah satu figur yang namanya selalu mencuat dalam pilihan publik.

Selain konsisten menunjukkan kerja-kerja bagus di Kementerian BUMN, Erick juga diketahui mempunyai kedekatan dengan berbagai kalangan masyarakat termasuk salah satunya parpol di tanah air.

Seperti sebelumnya, Erick Thohir mendapat dukungan baik untuk maju Pilpres 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN) bahkan jelang beberapa waktu setelah itu hal serupa juga turut dilakukan oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Artinya PAN punya kedekatan dengan Pak Erick Thohir, lalu mungkin PAN yang akan mendorong KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) ini memiliki berkah elektoral bagi partai sendiri,” kata Ahmad.

Dia mengungkapkan kondisi demikian tentu akan semakin merekatkan komitmen Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sebab koalisi yang digawangi Partai Golkar, PPP, dan PAN tak kunjung menentukan figur calon presiden dan cawapresnya.

“Kalau wakilnya dari PPP atau PAN maka nanti sosok Pak Erick Tohir karena nonpartai, itu ibaratnya menjadi perekat koalisi,” kata Ahmad.

Dia menambahkan kondisi tersebut tentu merupakan sebuah pertanda baik bagi Erick Thohir yang digadang potensial maju Pilpres 2024.(Irw13)

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here