Menteri BUMN Erick Thohir (Foto Dok. Kementerian BUMN)

Konsep pembangunan Indonesia ke depan harus mengutamakan konsep Indonesia Centris, bukan lagi Jawa Centris. Oleh karena itu perlunya ada pengembangan dan pemerataan pembangunan di seluruh provinsi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Erick Thohir yang menilai bahwa konsep pembangunan Indonesia harus mengedepankan pemerataan pembangunan di setiap daerah.

“Kita harus membangun Indonesia centris,” ujar Erick Thohir sebagaimana bisa Anda saksikan videonya di kanal YouTube Barikade 98.

Erick Thohir menggambarkan potensi pariwisata di Indonesia bisa sampai 12% kontribusi terhadap PDB. “Jangan hanya Bali. Tapi ada Labuan Bajo, Likupang,” ungkap Erick.

Terkait pengembangan dan pemerataan pembangunan tersebut bukan berarti Jakarta diabaikan. “Jangan sampai ada persepsi seakan-akan pemerintah pusat meninggalkan Jakarta. Tidak,” jelas Erick.

Menteri BUMN ini juga menjelaskan kalau Indonesia itu bisa meniru Amerika dalam melakukan pengembangan kota-kota besar di berbagai daerah.

“Kita perlu 10 kota yang sama besarnya seperti di Amerika. Di Amerika ada New York, Chicago, San Francisco, dan Los Angeles,” papar Erick.

Erick juga menjelaskan 56% jumlah penduduk Indonesia ada di Jawa. “Itu terlalu berat. Mesti ada pengembangan baru, di Kalimantan, Sumatera, tol Jawa tembus, tol Sumatera harus tembus. Ini pemerataan,” ujar Erick.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here