Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko menyampaikan apresiasi besarnya atas perubahan yang terjadi dalam tata kelola penempatan dan pelindungan PMI. Hal itu disampaikannya saat memberikan motivasi kepada para CPMI yang akan berangkat di e Royale Hotel, Jakarta Utara Senin (9/1/2023).

“Penghargaan kepada Kepala BP2MI yang telah melakukan perubahan besar, dan memang ketika kita diberi kepercayaan, kita harus melakukan perubahan. Saya menyaksikan, banyak hal-hal yang telah diperbaiki, dirubah menuju hal-hal yang baik. Terimakasih sekali lagi kepada bapak Benny Rhamdani, jangan pernah berhenti melakukan perbaikan”, terang Moeldoko. 

Moeldoko menyampaikan, pihaknya saat ini bersama Kementerian dan Lembaga (K/L) termasuk BP2MI tengah menggodok suatu solusi konstruktif bagi perbaikan skema Pembiayaan Penempatan PMI.

“Kita di Kantor Staf Presiden (KSP) sudah berkali kali mengadakan rapat membicarakan para CPMI. Ketika ada masalah kita carikan solusi, ada masalah lagi kita carikan solusi lagi. Kami sangat concern terkait hal ini, kita tidak ingin ada warga yang terluka. Saat ini kita tengah menggodok skema pembiayaan yang memudahkan para CPMI, maka kita memformulasi terkait pra penempatan dan penempatan. Saya telah memerintahkan kepada deputi III KSP untuk segera merampungkan suatu solusi pembiayaan dengan mengundang semua stakeholder yang relevan dan terlibat dalam skema pembiayaan. Dalam konteks ini, walau negara tidak memobilisasi, bagi anak muda yang ingin menggapai mimpinya dimasa depan, maka kita carikan solusi bagi para PMI”, tambah Moeldoko.

Moeldoko turut mengingatkan kepada para CPMI agar senantiasa fokus dalam bekerja serta senantiasa menjaga nama baik Indonesia di negara penempatan.

“Untuk kalian, anak-anak muda yang akan berangkat, berhematlah dan jangan hidup foya-foya, manage dengan baik keuangannya, namun saya berharap gizinya tetap dijaga dengan baik. Yang kedua, kalian bekerja di negara orang, maka kalian adalah diplomat/duta yang merepresentasikan bangsa indonesia. Berdiri dengan kepala tegak, pulang dengan membusungkan dada, kepala tegak itu adalah kehormatan negara. Cerminkan seperti inilah orang Indonesia, jangan menodai itu. Ketiga, bekerja dengan penuh dedikasi atas pekerjaan yg dibebankan, maksudnya kalian harus bertanggungjawab atas tugas yang diberikan oleh atasan. Jangan berperilaku seenaknya, apalagi kabur-kaburan. Saya yakin, kamu pasti bisa”, pesan Moeldoko disambut riuh para CPMI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here