Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok. Twitter @erickthohir)

Rekam jejak Erick Thohir yang syarat penuh prestasi sebagai profesional dan kemampuan komunikasinya yang mudah diterima siapapun mempermudah membuka peluang untuk proses komunikasi politik lintas partai yang akan menyorongnya.

Selain piawai dalam mengelola manajemen bisnis, Erick juga kerap bisa menyesuaikan dan mudah diterima semua kalangan masyarakat dari kalangan bawah sampai atas, baik orang tua, ibu-ibu hingga anak muda yang disebut milenial.

Sebagai sosok yang dianggap memiliki potensial di berbagai bidang dari segi kepemimpinan yang dianggap mumpuni dan selalu berhasil menorehkan prestasi baik level nasional maupun internasional.

Baca juga: Pemimpin Eksekutor Ide-Ide Hebat, Erick Thohir Figur Cawapres Terkuat

Kepercayaan masyarakat semakin tinggi saat Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, khususnya masyarakat pecinta sepak bola yang sangat berharap agar Indonesia bisa berprestasi membawa nama harum baik dalam negeri maupun tingkat dunia.

Hal ini tidak luput dari penilaian seorang pengamat Politik Ujang Komarudin mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) lebih memilih Menteri BUMN Erick Thohir untuk diusung ketimbang dengan kandidat calon wakil presiden (cawapres) lainnya.

Kandidat cawapres lainnya ini di antaranya adalah yang sering diperbincangkan masuk dalam radar KIB yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Menparekraf Sandiaga Uno.

“KIB mengarah kepada Pak Erick Thohir, ada kedekatan dengan PAN dan PPP, maka tadi yang muncul bukan nama Airlangga cawapresnya atau nama-nama lain, tapi Pak Erick Thohir,” terang Ujang kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki kans lebih besar untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024 sebagai cawapres. Kesempatan Erick lebih terbuka ketimbang kandidat lainnya.

Di samping itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini melihat Erick Thohir merupakan cawapres yang sangat fleksibel. Dia berpotensi untuk diusung sebagai cawapres dari dua kandidat capres potensial.

Baca juga: Melaju Sangat Cepat, Progress Elektabilitas Erick Thohir

Dua capres potensial ini adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Skema Pak Erick itu kan kalau tidak bisa jadi cawapresnya Ganjar, bisa jadi Prabowo,” ujar Ujang.

Erick Thohir juga memiliki kedekatan dengan sejumlah ‘King Maker’ Pilpres 2024, salah satunya meraih dukungan dari Presiden Jokowi. Berbagai penugasan dari Presiden Jokowi berhasil diselesaikan oleh Erick Thohir dengan penuh keberhasilan. Baik penugasan profesional maupun personal.

“Tapi saya melihatnya adanya dukungan dari Pak Jokowi ya,” kata Ujang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here