Menteri BUMN Erick Thohir konsisten mendapatkan raihan elektabilitas tertinggi. Oleh karena itu dirinya semakin berpeluang menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) terkuat untuk Pilpres 2024. Merujuk pada temuan survei yang dilakukan Indo Strategi periode 1-10 Mei 2023, hasilnya menunjukkan elektabilitas Erick Thohir konsisten menguat. Bahkan ia menempati posisi teratas sebagai cawapres . “Responden ditanya tentang sosok cawapres, nama Erick Thohir menduduki peringkat pertama,” kata Direktur Indo Strategi, Arif Nurul Imam, Senin (23/5/2023).

Dia memaparkan, posisi Erick Thohir mampu berada di papan atas mengungguli para politisi lama. Misalnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Data Indo Strategi menunjukkan elektabilitas Erick Thohir sebesar 17,4%. Angka tersebut unggul jauh dengan elektabilitas dari Airlangga Hartarti dengan 14,0% dan Khofifah Indar Parawansa 11,8%. Sedangkan figur lainnya, lanjut dia, tidak mencapai angka 10%. Mereka adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menparekraf Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “AHY 8,7%, Sandiaga Uno (8%) dan Ridwan Kamil (8%),” terangnya.

Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sample 1.230 responden dan margin of error 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here