Presiden Joko Widodo melantik beberapa pejabat negara baru untuk mengisi kekosongan jabatan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/7/2023). Mereka yang dilantik adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Wamekominfo Nezar Patria, Wamendes Paiman Raharjo, Wamenlu Pahala Mansury, Wamen BUMN Rosan Roeslani, dan Wantimpres Djan Farid.

Budi Arie dilantik sebagai Menkoinfo menggantikan Johnny G Plate yang tersandung kasus korupsi BTS 4G. Kasus korupsi ini merugikan negara sebesar Rp 8.032.084.133.795,51. Kejagung telah menetapkan delapan orang tersangka, termasuk Johnny. Pada awal juli ini, sidang kedua telah dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Johnny membantah dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas tuduhan uang korupsi BTS 4G yang digunakan untuk memperkaya diri. Ia juga membantah adanya fasilitas yang ia terima seperti bermain golf hingga mendapatkan fasilitas hotel mewah di luar negeri.

Posisi Budi Arie sebelumnya diganti oleh Paiman Raharjo. Paiman sebelumnya menjabat sebagai rektor di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Sebagai rektor dirinya resmi dilantik pada Mei 2022 lalu. Dirinya diambil sumpah jabatan untuk periode 2022-2027.

Perjalanan hidupnya cukup unik. Selepas SMP di Klaten, ia merantau di Jakarta. Bekerja di Jakarta sebagai tukang sapu sambil melanjutkan SMA. Lulus SMA, ia menjadi satpam sambil menabung. Dari tabungannya itu, ia bisa kuliah S1 dan S2 di Univ Prof. Dr. Moestopo, dan lanjut S3 di Universitas Padjadjaran Bandung.

Dalam karirnya, pada 2015 ia pernah menjadi Komisaris Independen PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Di dunia pendidikan, sebelum diangkat rektor, ia pernah menjabat kepala sub bagian (kasubag), wakil dekan, dan direktur di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here