Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto; Twitter @erickthohir)

Berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Timnas Indonesia berhasil menekuk Turkmenistan 2-0 dalam pertandingan FiFA Matchday, Jumat (8/9/2023). Dengan keberhasilan ini, Erick Thohir yakin bahwa peringkat Indonesia di FIFA akan meningkat.

Gol Timnas Indonesia pertama dicetak oleh Dendy Sulistyawan di menit 19 dan kedua oleh Egy Maulana Vikri di menit 90+1. Erick menyebut bahwa Indonesia bisa naik ke peringkat 147 dari sebelumnya 150.

“Karena ranking Turkmenistan itu lebih tinggi artinya kalau kita menang mungkin hari ini posisi kita naik di 147 atau 148 tergantung negara lain,” ucap Erick kepada wartawan usai pertandingan.

Keberhasilan menembus peringkat 147 menjadi rekor terbaik Timnas Indonesia di ranking FIFA dalam 11 tahun terakhir. Tadinya, sejak 2012, ranking FIFA terbaik Indonesia hanya di kisaran peringkat 150-an.

“Tren kemenangan ini mesti dijaga. Kita punya target 100 besar dalam jangka pendek dan pada 2045 kita membidik ranking 45 setara,” ujar Erick Thohir.

“Terus terang pertandingan ini tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi. Tidak seperti para pemain Eropa yang mudah beradaptasi di timnas karena padat kompetisi, terlihat tim kita kesulitan di awal laga,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here