Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo menyambut datangnya ibadah puasa Ramadhan yang jatuh pada Selasa (12/3/2024).

Melalui unggahan di akun resmi Instagram @jokowi, ia mengatakan, puasa menjadi momentum untuk membersihkan hati dan jiwa.

“Selamat menyambut ibadah puasa. Marhaban ya Ramadan. Selain menahan lapar dan dahaga, puasa merupakan kesempatan untuk membersihkan hati dan jiwa,” kata Jokowi di Jakarta dikutip pada Selasa (12/3/2024).

Marhaban ya Ramadan. Selain menahan lapar dan dahaga, puasa merupakan kesempatan untuk membersihkan hati dan jiwa,” tulis Jokowi.

“Semoga bulan Ramadan membawa kesucian dan kedamaian untuk kita semua,” kata dia.

Beredar informasi sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa Ramadhan 2024 jatuh pada Selasa (12/3/2024) besok.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, penetapan awal Ramadhan 2024 diputuskan secara bersama dalam sidang isbat pada hari ini, Minggu (10/3/2024) petang.

“1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 Masehi,” ujar Yaqut dalam konferensi pers di Kemenag, Jakarta Pusat, Selasa.

Gelaran sidang isbat melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

Sidang ini juga melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Komisi VIII DPR RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here